Oleh: mastomo57 | November 24, 2009

Hemat Energi di Tempat Kerja

Hemat Energi di Tempat Kerja

Isu lingkungan hidup sangat menjadi sorotan akhir-akhir ini. Anda pun harus turuut berpartisipasi, menghemat energi di manapun berada. Di rumah, Anda bisa mulai mengontrol penggunaan energi; listrik, gas, air. Sementara di tempat kerja, mungkin peran Anda tak bisa terlalu besar, namun bila dilakukan rutin, peran kecil pun tak akan sia-sia.

Di antara beberapa hal kecil yang bisa Anda terapkan sehari-hari di kantor, misalnya:

1. Batasi mencetak dokumen
Pastikan Anda hanya mengeprint dokumen yang benar-benar dibutuhkan keberadaannya dalam bentuk kertas. Pun, sebelum mencetak, pastikan tidak ada kesalahan format atau lainnya, yang memaksa Anda mencetak berulang-ulang. Biasakan menyimpan dokumen dalam bentuk digital. selain hemat tempat penyimpanan, dokumen digital bisa sangat mengurangi penggunaan kertas.

2. Daur ulang
Daur ulang atau musnahkan semua kertas-kertas di kantor yang tidak lagi terpakai. Anda bisa memanfaatkan kertas-kertas bekas untuk membuat catatan-catatan pada halaman sebaliknya yang masih kosong, atau memotongnya menjadi potongan kertas kecil untuk diletakkan di atas meja telepon sebagai kertas notes.

3. Peralatan makan yang bisa dicuci
Bersyukurlah bila tempat kerja Anda menyediakan pantry berikut office boy yang menjamin ketersediaan perlengkapan makan dan minum. Namun bila kantor hanya menyediakan tempat menyeduh kopi dan gelas-gelas berbahan styrofoam, maka lebih baik bawalah sendiri cangkir dari rumah yang bisa dicuci ulang.

Bila Anda membawa bekal makan siang dari rumah, bungkuslah makanan dalam wadah yang bisa dibersihkan dan dipakai berulang-ulang. Langkah kecil ni bisa menekan penggunaan plastik.

(CEQ/dila)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: