Oleh: mastomo57 | November 24, 2009

11 Wewangian Untuk Kesegaran Prima

11 Wewangian Untuk Kesegaran Prima

Segar, sehat, dan bahagia, merupakan 3 hal yang selalu menjadi idaman kaum wanita. Dan, ada berbagai cara untuk memperoleh semuanya itu, mulai dari berolahraga, spa, bergaul, hingga cara yang sederhana seperti menghirup wewangian yang dihasilkan oleh tanaman, body lotion, hingga bunga kesukaan. Berikut kita intip 11 wewangian yang mampu membuat Anda menjadi segar dan sehat dalam sekejap.

Energik dengan peppermint

Peppermint membantu Anda untuk tetap siaga dan dapat berpikir dengan jernih, ujar Rachel Herz, PhD, penulis The Scent of Desire and Visiting Professor di Brown University, dalam Womensday. Faktanya, sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang sehari-harinya berurusan dengan pekerjaan seperti mengetik atau mengabjad bisa melakukan tugasnya dengan lebih baik setelah menghirup aroma peppermint.

Studi lain mengatakan bahwa peppermint bisa meningkatkan stamina fisik seseorang. Coba tambahkan aroma ini pada olesan body lotion atau parfum yang Anda kenakan sebelum Anda memulai aktivitas harian.

Makin nyenyak dengan jasmine

Aroma jasmine yang menenangkan memungkinkan Anda untuk tidur lebih nyenyak, berikut pernyataan studi yang dilakukan oleh Wheeling Jesuit University. Cobalah semprotkan aroma ini di kamar tidur Anda sesaat sebelum tidur.

Wangi dan indahnya mawar

Hnaya dengan memandang bunga mawar di pagi hari saja sudah bisa membuat seseorang merasa lebih ceria dan bersemangat untuk melewati sepanjang hari yang ada. “Terima kasih untuk efek positif yang dihasilkan dari kombinasi antara wujud dan bau wangi bunga mawar” ujar para peneliti di Harvard.

Kebaikan dalam kayu manis

Terapis bau-bauan mengatakan bahwa menghirup aroma rempah-rempah satu ini bisa membangkitkan mood, tenaga, dan konsentrasi seseorang. Bahkan efek aroma ini bisa membuat Anda menjadi orang yang lebih baik hati, demikian pernyataan dari hasil penelitian yang disponsori oleh Cinnabon. “Pada saat itu, para ahli menyemprotkan aroma kayu manis ini di udara, dan orang-orang yang lewat terlihat menjadi lebih baik dan ramah satu dengan lainnya, ujar psikolog Avery Gilbert, PhD, penulis What the Nose Knows. Jadi, cobalah simpan rempah-rempah ajaib ini sebagai wewangian yang menemani Anda ke mana pun Anda pergi.

Santai dengan kopi

Hanya dengan mencium aromanya saja sudah membuat Anda jadi bersemangat lagi. Bahkan menurut studi yang dilakukan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry, aroma kopi bisa menetralisir plasma pembawa stres yang membuat seseorang mengalami gangguan tidur.

Bersemangat lagi dengan jeruk

Aroma alam semisal jeruk bisa memperlancar aliran oksigen ke otak, menambah energi, dan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Kembali mood dengan lemon

Para ahli di Jepang baru-baru ini menemukan bahwa efek aroma lemon bisa meningkatkan mood dan stamina seseorang. Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa ada banyak obat pel, pengharum ruangan, hingga minuman yang mengadopsi lemon sebagai bahan dasar pembuatannya. Ayo, bikin jus lemon!

Melaju bersama grapefruit

Grapefruit bisa membantu meningkatkan daya memori seseorang dan meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dan mata, berikut pernyataan dari Dr. Herz. Dalam sebuah studi dari Wheeling Jesuit University, seseorang yang mencium aroma buah ini sambil bekerja di depan komputer memiliki daya tanggap yang lebih baik. Belilah aromaterapi grapefruit dan letakkan di meja kantor Anda.

Tenangkan diri dengan lavender

Tetaplah merasa rileks sepanjang hari dengan aroma body lotion lavender yang Anda oleskan. Tanaman yang mengandung linalool ini bisa mendorong naiknya kadar senyawa dalam tubuh yang memproduksi perasaan tenang dengan cepat. “Anda juga bisa menjadikan aroma ini sebagai salah satu pengharum kamar tidur Anda agar Anda bisa tidur lebih cepat dan lebih lama,” ujar Dr. Gilbert.

Seimbang dengan bunga geranium

Wewangian satu ini dipercaya bisa menstimulasi beberapa wilayah di otak yang kemudian menciptakan produksi hormon yang seimbang. Selain itu, wangi bunga satu ini bisa meredakan sakit akibat mens atau membantu wanita dalam melewati masa menopause.

Tetap tenang dengan chamomile

Chamomile asal Roma merupakan tanaman chamomile dengan bunga putih yang bisa membuat tenang dan rileks, meningkatkan kualitas tidur dan membantu meredakan sakit perut, berikut pernyataan dari studi yang dilakukan oleh National Cancer Institute. Makanya, tak heran bila ekstrak ini kemudian dipadukan dengan minyak putih. Cobalah menghirup teh chamomile sebelum tidur atau oleskan lotionnya. (kpl/meg)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: